Manfaat dan Kandungan Tanaman Kunyit (Curcuma domestica Val)


Kunyit mengandung senyawa yang berhasiat sebagai obatyang di sebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% serta zat-zat lainya yang bermanfaat sepertiminyak atsiriterdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%,Zingiberen25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil.

Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium. Kunyit adalah bahan alami yang dapat dijadikan pengobatan tradisional. Pada kesempatan berikut ini kami berikan tips membuat ramuan untuk pengobatan diabets, keputihan dan tifus menggunakan kunyit.

DIABETES MELITUS

Bahan :
- 3 rimpang kunyit
- 1/2 sendok teh garam
- 1 liter air

Kunyit dicuci bersih dan potong kecil-kecil lalu rebus sampai mendidih. Setelah ingin saring. Minnum 2x seminggu masing-masing 1/2 gelas. Lakukan selama 20 hari berturut-turut.
KEPUTIHAN
bahan :
- 2 rimpang junyit
- 1 genggam daun beluntas
- 1 buah asam
- 1 potong gula kelapa/aren
- 1 liter air
Cuci bersih semua bahan. Kunyit dipotong kecil-kecil, rebus dan tambahkan gula kelapa/aren dan biarkan sampai mendidih. Setelah dingin saring dan minum 1 gelas sehari, lakukan 10 hari berturut-turut.
TIFUS
Bahan :
- 2 rimpang kunyit
- 1 bonggol sere
- 1 lembur daun sambiloto
- 1 gelas air hangat
Setelah dicuci bersih, tumbuk halus semua bahan tersebut. Tambahkan air hangat dan saring. Setelah dingin, minum 1 gelas/hari dan lakukan selama 1 minggu berturut-turut.

Saerta masih ada manfaat-manfaat lain dari kunyit seperti:
  • Jerawat: Jerawat adalah masalah umum yang sering dihadapi. Bakteri dan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori kulit, dan akhirnya menjadi jerawat. Kunyit membantu menyembuhkan jerawat dan membantu menjaga Kulit tetap bersih. Kunyit juga mengontrol produksi sebum.
  • Pigmentasi: perubahan hormonal, terlalu lama terkena paparan sinar matahari, dan produksi melanin terlalu banyak, adalah beberapa alasan yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Penggunaan kunyit secara konsisten dapat membantu mengurangi pigmentasi.
  • Memar: Anak-anak lebih rentan terhadap memar dan luka kecil. Penggunaan bubuk kunyit pada luka ringan dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Kulit Cerah: Pengunaan kunyit secara teratur dapat mencerahkan warna kulit, dan membuat wajah tampak bercahaya.
  • Bekas Luka bakar: Kunyit juga membantu dalam penyembuhan bekas luka bakar. Penggunaan teratur akan mungurangi bekas luka bakar Anda.
  • Stretch Marks atau guratan: Stretch mark tentu saja mengganggu penampilan, terutama pada ibu-ibu muda. Penerapan kunyit segar pada stretch mark akan membantu meringankan stretch mark hingga batas tertentu.
  • Melembabkan: Kunyit merupakan bahan yang sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Campuran kunyit dengan susu dapat melembabkan kulit kering.
  • kulit sedikit bulu: Pijatan ringan kunyit dicampur dengan krim susu pada kulit membantu mengurangi rambut pada kulit.
  • Penyakit kulit$3A Gunakanlah kunyit secara teratur, maka dapat membantu melawan penyakit kulit serius seperti psoriasis, eksim, ruam merah pada kulit, dan tanda akibat cacar air.
  • Penuaan kulit: Kunyit membantu menunda penuaan kulit, antioksidan dalam kunyit memainkan peran penting dalam mengatasi penuaan kulit.

Cara Menggunakan kunyit untuk kesehatan kulit

Ada banyak metode penggunaan kunyit untuk kulit.

Pertama, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan susu. Caranya, tambahkan satu sendok teh gula dan kunyit dalam susu panas, aduk, kemudian minum. Minum setiap hari.
Untuk penggunaanya pada kulit, Anda dapat membuat pasta kunyit dan biarkan selama 10 menit pada wajah anda. Gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air. Maka Anda akan mendapatkan kulit kenyal dan lembut. Untuk kulit kering, gunakan prosedur yang sama, tetapi campurkan kunyit dengan susu pelembab. Untuk menghilangkan luka bakar matahari, gunakan prosedur yang sama. Pada luka segar dan memar gunakan bubuk kunyit kering untuk penyembuhan lebih cepat.

Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
Minggu, 17 Agustus, 2014 ×

Artikel yang bermanfaat

Selamat Anonim dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment